Elementary Education Research
Vol 9, No 3 (2024): AGUSTUS 2024

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA POP- UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR

Nisfhuani, Cut Lisa (Unknown)
Safiah, Intan (Unknown)
Vitoria, Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2024

Abstract

Dalam pembelajaran matematika masih banyak siswa yang belum memahami materi bangun ruang khususnya jaring-jaring kubus dan balok. Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik. Untuk itu untuk meningkatkan hasil belajar siswa harus ada dorongan dari guru untuk meningkatkan tingkat kreativitas mereka saat proses pembelajaran berlangsung. Maka digunakanlah suatu model pada penelitian ini yaitu model Project Based Learning berbantuan media Pop-up Book. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari model Project Based Learning berbantuan media Pop-up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikansi dari model Project Based Learning yang berbantuan media Pop-up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya yaitu Quasi Experimental dengan desain Nonequivalent Control Group. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar, denga mengambil sampel peserta didik kelas IVA dan IVB. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dalam bentuk pretest dan posttest, sedangkan teknik analisis data menggunakan SPSS Statistic 26 dan pengujian hipotesis dengan uji-T test independen. Hasil pengujian hipotesis dengan uji statistik-uji T independen diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 0,05. Pada penelitian ini pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Project Based Learning berbantuan media Pop-up Book terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar.Kata Kunci: Model Project Based Learning , Media Pop-up Book , Bangun Ruang, Hasil Belajar

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...