Elementary Education Research
Vol 6, No 3 (2021): AGUSTUS 2021

DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KARAKTER SISWA KELAS V SD NEGERI COT PREH ACEH BESAR

Rahmawati, Rahmawati (Unknown)
Hajidin, Hajidin (Unknown)
Mislinawati, Mislinawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Peningkatan inovatif berkembang selangkah demi selangkah menyuguhkan berbagai banyak fitur aplikasi yang menarik. Banyaknya jenis-jenis media sosial yang disuguhkan memberi ketertarikan tersendiri bagi penggunanya tidak hanya kalangan dewasa saja tetapi anak usia sekolah dasar juga tertarik untuk menggunakan sosial media tersebut, banyaknya postingan pada sosial media dapat mempengaruhi karakter dari seseorang karena terikut dari tontonan yang mereka lihat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh hiburan virtual terhadap kepribadian mahasiswa kelas V SD Negeri Cot Preh Aceh Besar.Penelitian ini menggunakan metodologi subjektif dengan jenis pendekatan deskriftif. Subjek pengamatan ini adalah siswa kelas 5. Metode pengumpulan informasi ilmuwan menggunakan prosedur persepsi dan wawancara yang ditangani dengan tahapan penyelidikan informasi, khususnya penurunan informasi, penayangan informasi, dan pengecekan informasi.Mengingat konsekuensi penanganan informasi menunjukkan bahwa efek dari pemanfaatan hiburan virtual terhadap karakter anak di kawasan sekolah sangat berpengaruh. Hal ini ditemukan peneliti melalui observasi dan wawancara yang mana anak sering menunjukkan perilaku yang tidak disiplin seperti tidak menaati peraturan yang sudah ditetapkan, tidak menjalankan kegiatan keagamaan dengan baik, sering menuduh teman, dan juga sering mencontek karya milik orang lain. Dampak dari penggunaan media sosial ini juga membuat anak bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas sekolah. Selanjutnya dapat disimpulkan bahwa hiburan berbasis web menimbulkan berbagai dampak baik itu yang bersifat posif ataupun negatif tergantung dari para penggunanya. Dalam hal ini pendidik dan orang tua diharapkan dapat memberikan bimbingan dan pemahaman tentang efek penggunaan media sosial. Setelah diberikannya arahan dan pemahaman anak dapat melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan karakter yang diinginkan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...