Elementary Education Research
Vol 6, No 3 (2021): AGUSTUS 2021

PENGGUNAAN MEDIA MISTAR BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA OPERASI BILANGAN BULAT DI KELAS VI SDN SUKA MULIA PAYA RAJA

dwi, Indri (Unknown)
Fauzi, Fauzi (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2021

Abstract

Kompetensi dasar di kelas VI SD pada KurikuIum 2013 di mata pelajaran matematika ialah bilangan bulat. Peserta didik di kelas VI diajarkan dalam materi operasi pada penjumlahan maupun pada pengurangan. Namun banyak peserta didik masih minim mengerti tentang materi penjumlahan maupun pengurangan pada hasil pembelajaran bagi peserta didik sebagian besar tidak mencapai Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang sudah ditentukan. Media mistar bilangan dapat mengkonkritkan materi pada operasi bilangan bulat yang sebelumnya abstrak. Tujuan penenlitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas bagi peserta didik, bagi guru, serta hasil pembelajaran bagi peserta didik di operasi bilangan bulat menggunaan alat mistar bilangan di kelas VI Suka Mulia Paya Raja.Bentuk pendekatan kualitatif, serta jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjeknya peserta didik kelas VI Suka Mulia Paya Raja yaitu sebanyak 34 orang, 20 orang perempuan serta 14 orang laki-laki. Penggunaan analisis data dengan tes dan lembar observasi. Analisis data dilakukan dengan menganalisis aktivitas peserta didik dan guru, serta hasil pembelajaran bagi peserta didik.Aktivitas bagi peserta didik siklus I dengan rata-rataan 3,0, disiklus II rata-ratanya 3,7, serta disiklus III rata-ratanya 4,8. Aktivitas pada guru di siklus I dengan rata-rataan 3,9, aktivitas pada guru di siklus II dengan rata-rataan 4,1, dan aktivitas pada guru di siklus III dengan rata-rataan 4,7. Hasil belajar rata-ratanya disiklus I, II, III mencakup: 72 dengan tuntas kelas 88,2%, 72 dengan tuntas kelas 85,3%, dan 81,4 dengan tuntas kelas 93,9%.Dari hasil penelitian penggunaan media mistar bilangan dapat meningkatkan aktivitas bagi peserta didik, aktivitas bagi guru, serta hasil pembelajaran bagi peserta didik di operasi bilangan bulat dikelas VI SDN Suka Mulia Paya Raja.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...