Elementary Education Research
Vol 6, No 3 (2021): AGUSTUS 2021

PERSEPSI GURU SD NEGERI 32 BANDA ACEH TENTANG PROGRAM PENDAMPINGAN ORANGTUA TERHADAP BELAJAR SISWA DI RUMAH

Nulanda, Sabna (Unknown)
Sulaiman, Sulaiman (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2021

Abstract

Guru berperan sebagai pendidik dalam memperbaiki setiap aspek karakter dan tingkah laku siswa. Namun akibat pandemi Covid-19, maka dibutuhkannya kerjasama antara guru dengan orang tua sebagai pendamping belajar siswa selama di rumah. Penelitian ini berupaya untuk mengumpulkan berbagai persepsi guru terkait pendampingan orang tua selama masa pandemi. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai persepsi guru SD Negeri 32 Banda Aceh tentang program pendampingan orang tua terhadap proses belajar siswa di rumah. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas SD Negeri 32 Banda Aceh yang berjumlah 12 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan sumber data penelitian diperoleh dari wawancara dengan semua guru kelas. Sedangkan analisis data menggunakan teknik reduksi data, pemaparan data display dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, guru berpendapat bahwa orang tua aktif mendampingi siswa belajar selama di rumah dengan memberikan fasilitas belajar kepada siswa berupa HP. Guru juga melakukan kerjasama dengan orang tua dalam memotivasi dan mengamati belajar siswa. Guru juga mengatakan orang tua selalu mengatur waktu belajar siswa dan menanyakan kesulitan yang dihadapi siswa. Menurut pendapat guru orang tua selalu membantu siswa yang mengalami kesulitan saat belajar dan bagi orang tua yang kurang aktif mendampingi siswa maka berakibat menurunnya nilai siswa. Untuk melihat perkembangan belajar siswa, guru mengatakan dapat dilihat dari terkumpulnya tugas dan kehadiran siswa.Simpulan penelitian ini adalah persepsi guru kelas tentang pendampingan orang tua selama pembelajaran di rumah cocok untuk terus digunakan selama masa pandemi Covid-19. Hal ini di karenakan orang tua mampu menyediakan fasilitas, mengamati dan memberikan motivasi belajar, mengatur waktu belajar siswa, dan mengetahui kesulitan yang dihadapi siswa serta membantu siswa yang mengalami kesulitan belajar sehingga proses pembelajaran secara daring berlangsung dengan baik.Kata Kunci : Persepsi guru, pendampingan orang tua, pembelajaran di rumah

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...