Elementary Education Research
Vol 5, No 4 (2020): NOVEMBER 2020

PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI KERAJINAN MOZAIK DI KELAS IV SD NEGERI GAROT ACEH BESAR

Surliani, Nining (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)
Israwati., Israwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2020

Abstract

Pengembangan kreativitas peserta didik dapat dikembangkan melalui pengalaman berkreasi dan berapresiasi dalam seni kerajinan mozaik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Melalui Kerajinan Mozaik Di Kelas 4 SD Negeri Garot Aceh Besar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas IV dan 32 peserta didik. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Seluruh data yang terkumpul diolah dengan tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan .Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa pengembangan kreativitas peserta didik melalui kerajinan mozaik di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Garot, Kecamatan Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar masih kurang dalam pengembangannya. Hal ini terlihat dari kurangnya materi mozaik yang diajarkan, kurangnya guru dalam melaksakan persiapan mengajar, proses pembelajaran, keaktifan kegiatan pembelajaran serta tidak adanya ajang kreativitas yang dapat meningkatkan motivasi peserta didik. Hasil observasi terhadap karya pertama dan kedua peserta didik mengalami pengembangan yang signifikan. Pada karya pertama terdapat 15 peserta didik yang mendapatkan hasil cukup dan 17 peserta didik mendapatkan hasil baik. Pada observasi hasil karya kedua terdapat 4 peserta didik menghasilkan karya sangat baik, 20 peserta didik dengan hasil baik dan 8 peserta didik mendapatkan hasil cukup. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peserta didik memiliki bakat serta kreativitas yang cukup baik. Namun jarangnya pelaksanaan kerajinan mozaik di kelas IV SD Negeri Garot Aceh Besar menyebabkan pengembangan kreativitas peserta didik melalui kerajinan mozaik masih kurang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...