Elementary Education Research
Vol 6, No 3 (2021): AGUSTUS 2021

STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMANFAATAN BAHAN ALAM DALAM PEMBUATAN KOLASE PADA KELAS IV DI SDN 1 LAMBHEU ACEH BESAR

Mandira, Shella Nadia (Unknown)
Ely, Rosma (Unknown)
Nurhaidah., Nurhaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2021

Abstract

Pembelajaran melalui pemanfaatan bahan alam yang terdapat di lingkungan sekitar, peserta didik jadi lebih aktif, kreatif serta termotivasi dalam belajar. Kemudian melalui penggunaan bahan alam sebagai sumber belajar bisa memberikan kesempatan terhadap peserta didik agar lebih mencintai, peduli serta tanggap pada lingkungan.Pendekatan pada penelitian ini kualitatif. Subjek dalam penelitian guru kelas IV di SD Negeri 1 Lambheu Aceh Besar. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data penyajian data, kesimpulan.Kesimpulan dari penelitian berikut ialah strategi yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kreativitas peserta didik melalui pembuatan kolase dari bahan kulit jagung adalah menggunakan pendekatan saintifik yaitu melalui langkah mengamati contoh kolase yang sudah jadi, memberikan kesempatan bertanya bagi peserta didik, mangajak peserta didik mencoba membuat kolase, membimbing peserta didik dalam proses pembuatan kolase, dan meminta peserta didik mempresentasikan hasil karyanya. Melalui penerapan langkah-langkah pendekatan saintifik guru dapat mengembangkan karakteristik peserta didik agar memiliki ciri-ciri kreativitas.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...