Membandingkan tingkat kualitas soal sangat diperlukan untuk tingkat kesukaran soal itu, ini dapat menakar seberapa kesanggupan murid ketika mengerjakan pertanyaan tes. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal bahasa indonesia dalam bentuk teks fiksi berdasarkan tingkat kesukaran soal kelas IV SD Negeri 51 Kota Banda Aceh. Peneliatian ini bermaksud buat mendeskipsikan analisis kemampuan siswa ketika meyelesaikan soal bahasa Indonesia dalam bentuk teks fiksi berdasarkan tingkat kesukaran soal.Penelitian menerapkan strategi kuantitatif dan model penelitian deskriptif. Sampel berjumlah 37 peserta didik, pengambilan bukti pembahasan ini tes,bahan dievaluasi mempergunakankan rumus persentase . ketetapan pengkajian ini menunnjukan maka pesrsentase pelajar yang memperoleh nilai kategori sangat baik 1 (2,7%), baik 4 (11%), 29 peserta didik cukup (78%), kategori kurang 2 (14%). 40 butir soal 15 soal (40%) sukar, 23 soal (63%) sedang, 2 soal (5,4%) mudah. Dari data yang ditemukan, analisis kemampuan siswa menyelesaikan soal bahasa Indonesia dalam bentuk teks fiksi kelas IV SD Negeri51 Kota Banda Aceh mengikuti tingkatan minimum dengan nilai umumnya (55) dan tingkat kesukaran soal sebanyak 40%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021