ABSTRAK Mengajari materi IPA berbedamdenganmmengajarkanmmaterimdarimilmu-ilmu lain.mIPAnmerupakannhasilndarinpengamatannmaupunmeksperimentasimsuatumgejala alammyangmada dibumi. sehingga siswa mengalami kesulitan mempelajari materi IPA sehingga mengakibatkan pada hasil belajar menjadi rendah, sehingga berakibat pada hasil belajar kurang maksimal. PenerapannmodelnkooperatifntipenMakenAnMatch akan mempermudah siswammemahami ipembelajaran, karena menggunakanmmodel kooperatif tipe Make0A0Match dan memotivasi siswa untuk semangat belajar. Adapun yang menjadi rumusan masalah0pada0penelitian0ini adalah0Apakah terdapat0pengaruh penerapan model0kooperatif tipe0Make0A0Match terhadapnhasilnbelajar IPAmpada materimgayandan gerak di0kelas0IV SDN Teupin Gajah?.lPenelitiannininbertujuan untuknmengetahuinpengaruhnpenerapannmodelnkooperatifmtipemMakemAmmMatch terhadap0hasil0belajar0IPAipadaimateriigayaidanigerak di kelas IV SDN Teupin Gajah.Pendekatan dalamlpenelitianliniladalahnpendekatanlkuantitatifljenislpenelitiannya yaitu pre experimentalpdenganndesain OnenGroupmPretest-Posttest.nPenelitianmini dilakukanndi kelasnIVmSekolahmDasar Negeri Teupin Gajah, iKecamatan Pasie Raja, KabupatenmAcehmSelatan. Pengambilanksampelkdenganmtekniknsampling jenuh atau totalnsamplingnyangnmenjadimsampelmdalammpenelitianminimadalahmseluruh siswa kelasnIV0SDN0Teupin0Gajah0yang0berjumlah0200siswa.Teknik0pengumpulan00data menggunakan0tes0dalam bentuk0pretest0dan0posttest, sedangkan0teknik0analisis0data menggunakan0Uji0Normalitas.Pada0taraf0signifikan = 0,05. Hasilnpengujianmhipotesismuji-t diperoleh thitung sebesar 19,43 lebihkbesar dari ttabel sebesar 1,73 sehinggakH0 ditolakpdan Ha diterima. Dengan0demikian0dapat0disimpulkan0bahwa0terdapat00pengaruh0penggunaan0model kooperatif0tipe0Make0A0Matchnterhadapnhasil belajarlsiswa padaimaterimgayamdan gerakmdimkelasmIVmSDNmTeupin Gajah. Diharapkan kepada gurumuntukmdapat melaksanakannpembelajarannyangmmenarikndan berkesan bagi anak-anak.
Copyrights © 2021