Pendidikan karakter disiplin belajar sangatlah penting dimiliki oleh peserta didik dalam mengikuti pembelajaran.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana penerapan pendidikan karakter disiplin belajar siswa di SD tersebut. (2) Apa saja kendala dihadapi guru pada penerapan pendidikan karakter disiplin belajar di SDN. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) penerapan pendidikan tingkah laku belajar di SD (2) kendala yang dihadapi guru dalam penerapan karakter disiplin belajar di sekolah dasar. Pendekatan digunakan penelitian ini yakni pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Sumber data adalah guru kelas I s/d VI yang berjumlah 6 orang di Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan pendidikan karakter disiplin belajar sudah diterapkan oleh guru dengan hasil yang sangat baik. Guru mengalamikendala dalam penerapan pendidikan karakter disiplin belajaryaitu berasal dari peserta didik di lingkungan yang kurang mampu memahami pendidikan karakter serta kurangnya partisipasi orang tua.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019