Elementary Education Research
Vol 4, No 3 (2019): AGUSTUS 2019

PENANAMAN NILAI MORAL PADA PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SD NEGERI KUTA SIMBOLING KABUPATEN ACEH SINGKIL

Ahya, Syarif (Unknown)
Mislinawati, Mislinawati (Unknown)
Nurhaidah, Nurhaidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jan 2020

Abstract

Nilai moral adalah kelakuan yang timbul dalam jiwa manusia akibat kebiasaan yang terpadu dengan pikiran dan hati nurani yang dikerjakan oleh seseorang mengenai perbuatan yang baik atau buruk. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) menanamkan nilai moral pada anak didik melalui pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri Kuta Simboling Kabupaten Aceh Singkil dan (2) usaha yang dilakukan oleh guru dalam menanamkan nilai moral pada anak didik lewat pendidikan kewarganegaraan di SD Negeri Kuta Simboling Kabupaten Aceh Singkil.Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Subjek pada penelitian ini sebanyak 2 orang guru yaitu kelas IV dan V dengan 29 orang peserta didik. Tehnik pengumpulan datanya melalui observasi dan wawancara. Kemudian datanya diolah dengan cara mereduksi data, menyajikan data, serta menarik kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya empat nilai saja yang sudah mulai dikembangkan yaitu nilai keadilan, kejujuran, mandiri, dan peduli terhadap lingkungan. Kebanyakan peserta didiknya masih berprilaku yang kurang baik dilingkungan sekolah.Simpulan penelitian ini adalah nilai moral yang ditanamkan oleh guru kepada peserta didik di SD Negeri Kuta Simboling belum dilaksanakan dengan baik, karena masih ada nilai moral yang belum dikembangkan yaitu nilai religius, peduli sosial, demokrasi, dan tanggung jawab. Usaha yang diupayakan oleh guru dalam menanamkan nilai moral pada peserta didik dilakukan dengan cara membangun komunikasi yang dekat dengan wali murid serta memberikan nasehat, bimbingan, dan mencontohkan akan prilaku yang baik pada peserta didik di sekolah.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...