Penelitian ini berjudul hambatan guru dalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis saintifik di Kelas IV SDN Unggul Lampeuneurut. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apa saja hambatan yang dialami guru didalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis saintifik dikelas IV SDN Unggul lampeuneurut serta bagaimana cara guru mengatasi hambatan tersebut. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam menerapkan model-model pembelajaran berbasis saintifik dikelas IVserta bagaimana solusi yang dilakukan guru untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini 3 orang guru kelas IV SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Teknik yang dilakukan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan selanjutnya dilakukan wawancara. Sedangkan untuk menganalisis data dilakuakan denga mereduksi data,menyajikan data, dan menarikan kesimpulan.Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa dalam menerapkan model pembelajaran berbasis saintifik, ada beberapa hambatan yang dialami guru (1) materi yang sulit tidak sesuai dengan pengetahuan awal peserta didik, (2) peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat.(3) guru kesulitan mengatur alokasi waktu. Cara guru untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu, (1) guru merancang media pembelajaran yang akan digunakan serta mengarahkan terlebih dahulu peserta didik apa-apa saja yang harus dilakukan, guru mencari bahan yang memadai sesuai dengan materi yang akan diajarkan, (2) guru memotivasi peserta didik agar semangat dalam bertanya dan berani menyampaikan pendapat, (3) guru melakukan perencanaan terlebih dahulu berapa lama waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah guru memiliki hambatan dalam menerapkan model pembelajaran berbasis saintifik, namun guru memiliki keinginan yang kuat untuk mengatasi hambatan tersebut dengan cara guru melakukan diskusi dengan teman sejawat,serta mengembangkan wawasan tentang model-model pembelajaran berbasis saintifik.
Copyrights © 2019