Penelitian ini berjudulUpaya Guru Mengatasi kesulitan Belajar Anak Disleksia di SDNegeri 10 Banda Aceh . Adapun rumusa masala dalam penelitian ini adalah Bagaimana upay pengajar dala mengatasi kesulitan mencari ilmu anak yang mengalami disleksia ?Apa sajakah kendala guru dalam menggunakan media karton ketika mengatasi siswa yang mengalami disleksia dalam belajar? dan tujuan penelaah ini adala untu mengetahui mengetahui upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar anak disleksia d SDN 10 Banda Aceh dan untuk mengetahui apa saja kendala guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa yang mengalami disleksia di SDN 10 Banda Aceh.Pendekatan yang di pakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif, subjek pada penelitian sebanyak 5 orang guru, kemudian menggunakan teknik wawancara untuk mengumpulkan data, data di analisis dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan disimpulkan.Hasil penelitian ini memberikan informasi bahwa guru sudah mengetahui bagaiaman ciri dan jenis anak disleksia yang terdapat di dalam kelas merekan, sehingga guru dengan mudah melakukan upaya atau memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan yang mereka perlukan yaitu dengan pemberian bimbingan khusus. Anak disleksia dalam hal membaca memerlukan bantuan untuk menunjukkan bacaan yang sedang dibaca oleh mereka, siswa disleksia juga sering terbalik dalam membaca, sering meninggalkan atau slaah dalam pelafalan dalam membaca. Upaya yang dilakukan oleh guru juga berbeda ada yang meberikan bimbingan khusus (les) ketika jam istirahat, ada yang memberikan bimbingan khusus diluar jam sekolah, dan ada yang memberikan motivasi dengan cara pemberian nilai kepada siswa disleksia agar mereka mau membaca dengan baik. Faktor penghambat atau kendala yang dihadapi oleh guru tidak begitu banyak hanya terletak pada fasilitas disekolah dan dukungan oleh orang tua yang lebih kepada siswanya di rumah.
Copyrights © 2018