Elementary Education Research
Vol 3, No 1 (2018): FEBRUARI 2018

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA HEBATNYA CITA-CITAKU DI KELAS IV SD NEGERI 33 BANDA ACEH

Marlina, Elly (Unknown)
Suid., Suid (Unknown)
Safiah, Intan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada subtema hebatnya cita-citaku di kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh. Hipotesisnya penggunaan media audio visual dapat berpengaruh baik pada hasil belajar siswa pada subtema hebatnya cita-citaku di kelas IV SD Negeri 33 Banda Aceh.Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian True Eksperimental Design. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas IVadan IVb dengan jumlah 46 orang. Kelas IVa adalah kelas eksperimen berjumlah 24 orang.Sedangkan kelas IVb adalah kelas kontrol berjumlah 22 orang. Data dikumpulkan dengan memberikan tes. Analisis data menggunakan Uji-t pada taraf signifikansi = 0,05.Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian, dengan statistik uji t, pada taraf signifikansi = 0,05 dan dk = (n1 + n2 2) = (24 + 22 2) = 44. Karena thitung ttabel = 4,07 2,02, maka H0ditolak dan H1diterima. Sehingga kesimpulannya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa pada subtema hebatnya cita-citaku di kelas IV SDN 33 Banda Aceh.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...