Elementary Education Research
Vol 3, No 1 (2018): FEBRUARI 2018

PERSEPSI GURU TERHADAP KINERJA KOMITE SEKOLAH DI GUGUS MANGGIS BANDA ACEH

Marsyadilla, Diana (Unknown)
Bermawi, Yoesrizal (Unknown)
Israwati., Israwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini berjudulPersepsi Guru terhadap Kinerja Komite Sekolah di Gugus Manggis Banda Aceh. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Persepsi Guru terhadap Kinerja Komite Sekolah di Gugus Manggis B.Aceh ? dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui BagaimanakahPersepsi Guru terhadap Kinerja Komite Sekolah di Gugus Manggis B.Aceh, Subjek Penelitian sebanyak 6 orang guru yang dipilih melalui teknik Purposive sampling, Pendekatan yang di pakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif, kemudian menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data, data di analisis dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan disimpulkan. Penelitian ini memberikan informasi bahwa persepsi guru terhadap kinerja komite sekolah selama ini adalah tidak maksimal, komite sekolah menurut persepsi guru jarang datang ke sekolah apabila ada rapat atau acara besar dan penerimaan murid awal tahun, barulah komite sekolah akan hadir dan ikut berandil.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Kinerja komite sekolah yang selama ini berlangsung belum maksimal dan belum seluruhnya sesuai dengan apa yang tertulis dalam Kepmendiknas nomor: 044/U/2002, komite sekolah selama ini kurang aktif dalam berbagai bidang seperti pemberian pertimbangan dalam pembangunan sekolah, pengontrolan, pemberian dukungan, dan mediator terhadap sekolah, perhatian serta komunikasi komite sekolah terhadap sekolahpun sangat kurang, sehingga arah dan tujuan sekolah tidak tercapai dengan baik, karena tidak adanya kerjasama yang baik antara komite sekolah, masyarakat dengan sekolah.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...