Elementary Education Research
Vol 3, No 2 (2018): MEI 2018

USAHA GURU DALAM MENERAPKAN NILAI-NILAI KARAKTER KEPADA SISWA DI MIN KEUTAPANG DUA

Zahruwarni, Syarifah (Unknown)
Ruslan., Ruslan (Unknown)
Habibah, Syarifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2018

Abstract

Dilingkungan sekolah sering kali guru berhadapan dengan siswa yang tidak disiplin, sering tidak mengerjakan tugas, siswa yang malas belajar dan lalai didalam kelas sehingga guru diharapkan mampu mengantisipasinya dengan menerapkan nilai-nilai karakter kepada peserta didiknya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa?, (2) Kendala apa saja yang dialami guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa?, (3) Solusi apa saja yang dilakukan guru guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter untuk mencapai tujuan pendidikan karakter kepada siswa?. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa, kendala yang dialami guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter kepada siswa dan solusi apa saja yang dilakukan guru MIN Keutapang Dua dalam menerapkan nilai karakter untuk mencapai tujuan pendidikan karakter kepada peserta didik.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenis penelitian berupa deskriptif. Subjek penelitian ini yaitu 6 orang guru di MIN Keutapang Dua. Untuk memperoleh informasi, peneliti menggunakan metode observasi dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Berdasarkan analisis data peneliti memperoleh informasi bahwa guru telah menerapkan nilai-nilai karakter kepada siswa. Di dalam penerapannya, guru sering melakukannya dengan mengaitkan nilai-nilai tersebut didalam pembelajaran. Simpulan penelitian ini adalah (1) penerapan nilai-nilai karakter yang dilakukan guru dengan cara mengaitkan dan menyisipkan didalam semua mata pelajaran, dan guru juga senantiasa menasehati siswa agar selalu menjadi anak yang berakhlak mulia. (2) Pemberian bimbingan yang lebih untuk peserta didik yang belum menerapkan nilai karakter, agar menjadi anak yang patuh dan berkarakter baik, (3) Membangun kerjasama antara orang tua dengan guru supaya tercipta komunikasi yang baik sehingga dapat terbina karakter anak menjadi karakter yang baik dan mulia.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...