Elementary Education Research
Vol 3, No 2 (2018): MEI 2018

KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI 14 BANDA ACEH

Wardah, Iklimatul (Unknown)
Hasan, Hasmiana (Unknown)
Israwati., Israwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2018

Abstract

Dalam konteks kreativitas guru, guru dituntut untuk menerapkan kreativitas dalam proses pembelajaran sehingga menciptakan pembelajaran kreatif dan inovatif. kreativitas dan kendala guru saat proses belaja Sekolah Dasar Negeri 14 Band Aceeh.Pendekata yaang dunakan adalah kualittif denga jenis penelitian deskriptif.Pengumpulan data dilakukan dengan teknik obsrvasi dan wawncara semiterstruktur.Subjek yang diobservasi dan diwawancarai yaitu guru kelas sebanyak 6 orang. Selnjutnya selurh dta yng diperleh dilah degan tahapan aalisis dta yitu mreduksi daa, penyajian dta dn penrikan kesmpulan.Hsil penlitian ini dapat dikemukakan bahwa dari 5 aspek kreativitas guru, guru terlihat sudah menerapkan beberapa indikator kreativitas dalam proses pembelajaran, hal ini terlihat pada aspek mengembangkan kegiatan yang menarik dan beragam, guru telah menerapkan Pakem. Pada aspek membuatalat bantu belajar, guru telah memanfaatkan lingkungan yang berada di alam sekitar. Pada aspek memanfaatkanlingkungan, guru telah memanfaatkan pajangan karya siswa. Pada aspek mengelolakelasdansumber belajar, suara gruu ketika mengajar telah didengar oleh siswa., guru juga telah menyesuaikanmateripelajaran dengan kecepatan dan kemampuan belajar peserta didik, guru juga menciptakan ketertiban, kedisiplinan, kenyamanan, keselamatan, dan kepatuhan pada peraturan dalam menyelenggarakan proses pembelajaran, guru juga telah menghargai peserta didik tanpa memandang latar belakang agama, suku jenis kelamin, dan status social ekonomi dan guru juga telah menghargai pendapat peserta didik. Pada aspek melaksanakan proses dan hasil belajar, guru telah membimbing dan melatih peserta didik dan guru juga telah menilai hasil belajar siswa.Kendala dalam melakukan kreativitas dalam pembelajaran sepertisaat memberikan arahan siswa yang ribut tidak mau mendengarkan pembelajaran, siswa yang tidak fokus jika belajar di luar kelas dan susahnya mendapat bahan untuk mendukung pembelajaran.Adapun kesimpulan dari kreativitas guru dalam proses pembelajaran yaituguru hampir menerapkan kesemua indikator kreativitas guru. Semoga sekolah dan guru tetap dan lebih menerapkan kreativitas dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...