Dalam konteks pendidikan karakter guru dapat melaksanakannya dalam proses pembelajaran IPA. Penelitian ini berupaya mengungkapkan proses pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA oleh guru di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar. Bertujuan mendeskripsikan proses pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA oleh guru yang meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.Menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif yang dilakukan di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar dengan subjek 13 orang guru kelas. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, pengamatan dan dokumentasi. Selanjutnya diolah dengan analisis data kualitatif yaitu mereduksi, mendeskripsikan, dan pengambilan kesimpulan.Bedasarkan hasil analisis data, proses pendidikan karakter melalui pembelajaran IPA oleh guru di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu (1) Perencanaan yang telah dipersiapkan dengan baik berdasarkan silabus yang dikembangkan dalam bentuk RPP dan bahan ajar (2) Pelaksanaan yang meliputi 3 tahapan yaitu kegitan awal, inti dan kegitan akhir serta (3) Evaluasi untuk melakukan penilaian terhadap karakter yang telah dicapai oleh siswa. Terdapat beberapa karakter yang sering di masukkan oleh pendidik dalam pelajaran IPA yaitu religius, rasa ingin tahu, kerja keras, daya cipta, mandiri, kerja sama, menghargai, peduli lingkungan, kreatif, tekun, ketelitian, tanggung jawab dan gemar membaca. Sedangkan karakter yang jarang dikembangkan oleh guru meliputi jujur, rasa hormat dan disiplin.Simpulan penelitian ini adalah proses pendidikan karakter di SDN Unggul Lampeuneurut Aceh Besar telah berjalan dengan baik. Guru telah melakukan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang sesuai dengan ketentuan pendidikan karakter. Sehingga karakter yang ditanamkan pada siswa dapat berkembang dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2017