Elementary Education Research
Vol 2, No 1 (2017): MEI 2017

PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA CARA HIDUP MANUSIA, HEWAN, DAN TUMBUHAN DI KELAS V SD NEGERI 33 BANDA ACEH

Sarnita, Dewi (Unknown)
Hajidin., Hajidin (Unknown)
Awaludin., Awaludin (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2018

Abstract

Ada berbagai cara menambah ketertarikan siswa dalam belajar alah satunya dengan model PBL, yaitu model pembelajaran yang memecahkan masalah dengan proyek/kegiatan sebagai media dengan berkolaborasi bersama teman di dalam suatu kelompok. Penelitian ini berupaya mengembangkan keaktifan dan kreativitas peserta didik dalam interaksi belajar pada pembelajaran kurikulum 2013. Bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model PBL terhadap hasil belajar siswa pada Subtema Cara Hidup Manusia, Hewan, Dan Tumbuhan di kelas Va SD Negeri 33 Banda Aceh.Menggunakan pendekatan kuantitatif, Jenis penelitian eksperimen semu atau Pre Experimental Designs dengan model One Group Pretest Posttest Design. Populasiya siswa kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh , terdiri dua kelas yaitu Va 31 siswa dan Vb 30 siswa sehingga jumlah populasi adalah 61 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 31 siswa di kelas Va. Pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 18 Februari 2017, dilakukan dengan pemberian tes soal berbentuk pilihan ganda pada subtema cara hidup manusia, hewan, dan tumbuhan pembelajaran 1 dan pembelajaran 2.Hasil penelitian menunjukkan bahwa taraf signifikan = 0,05 dan dk = maka daftar distribusi t dengan sehingga = 1,67 karena yaitu 18,3 1,67. Maka ditolak dan diterima. Simpulan bahwa model Project Based Learning yang diajarkan pada subtema cara hidup manusia, hewan, dan tumbuhan pembelajaran 1 dan pembelajaran 2 di kelas Va dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan model PBL berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada subtema cara hidup manusia, hewan, dan tumbuhan di kelas V SD Negeri 33 Banda Aceh.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...