Elementary Education Research
Vol 2, No 1 (2017): MEI 2017

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER CINTA TANAH AIR MELALUI PEMBELAJARAN IPS DI GUGUS 25 SDN 2 MATA IE ACEH BESAR

Aprilina, Nurol (Unknown)
Fauziah, Tati (Unknown)
M. Husin Affan., M. Husin Affan (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 May 2018

Abstract

Pendidikan karakter cinta tanah air harus diimplementasikan sejak kecil, salah satunya melalui lembaga pendidikan. Penelitian ini untuk melihat dan mengungkapkan upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan nilai-nilai cinta tanah air di sekolah saat pembelajaran IPS berlangsung. Secara khusus penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana pengimplementasian pendidikan karakter cinta tanah air melalui pembelajaran IPS di Gugus 25 SDN 2 Mata Ie Aceh Besar.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 6 orang guru kelas yang mengajar pelajaran IPS, tiga guru kelas IV dan tiga guru kelas V dari 3 sekolah yang telah dipilih secara random. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi, data wawancara dan observasi diolah dengan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan di Gugus 25 SDN 2 Mata Ie Aceh Besar adalah dalam mengiplementasikan pendidikan karakter cinta tanah air upaya yang dilakukan guru yaitu dengan mengembangkan nilai cinta tanah air yang terdapat pada materi pelajaran IPS, guru juga mengimplementasikan karakter cinta tanah air melalui pengembangan diri seperti sikap spontan yang guru lakukan menegur, memberi sanksi dan memberi arahan kepada peserta didik yang menyimpang dari karakter cinta tanah air bermaksud untuk membimbing kembali peserta didik agar mempunyai nilai-nilai cinta tanah air pada dirinya, guru juga memberi pujian kepada peserta didik yang menjalankan nilai-nilai cinta tanah air dengan baik, dalam menerapkan pendidikan karakter cinta tanah air guru juga memberi keteladanan seperti menggunakan bahasa Indonesia, menaati peraturan sekolah, menggunakan batik dan membuang sampah pada tempatnya sebagai bentuk memelihara dan melindungi alam Indonesia. Disarankan kepada guru agar lebih maksimal lagi dalam memanfaatkan kondisi di dalam kelas seperti pajangan peta, pahlawan-pahlawan, dan pajangan lambang pancasila untuk menumbuhkan karakter cinta tanah air melalui pengkondisian ruang kelas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...