Elementary Education Research
Vol 2, No 2 (2017): AGUSTUS 2017

UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI LESSON STUDY DI KELAS V SD NEGERI LAMPAGEU ACEH BESAR

Mina, Wihil (Unknown)
israwati, Israwati. (Unknown)
Vitoria, Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Dalam konteks interaksi belajar mengajar di kelas siswa kurag mandiri, penelitian ini berupaya mengungkapkan upaya peningkatan kemandirian belajar siswa melalui lesson study. Secara khusus penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajar siswa melalui lesson study di kelass V SD Negeri Lampageu Aceh Besar dan (2) untuk mengetahui aktifitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran melalui lesson study di kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar, sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Pelaksanaan lesson study dimulai dari tanggal 05 september 2016 sampai 19 september 2016. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi aktifitas siswa dan wawancara guru. Teknik pengumpulan data menggunakan statistic sederhana untuk melihat atau mencari nilai rata-rata jawaban responden. Berdasarkan hasil analisis data observasi belajar siswa memperoleh nilai rata-rata pada pertemuan pertama sebanyak 2,896, kedua 3,413, dan ketiga sebanyak 3,6928. Analisis nilai rata-rata sudah ada peningkatan kemandirian belajar siswa pada setiap pertemuan. Hasil wawancara menunjukkan bahwa siswa senang dan sangat bersemangat dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas V SD Negeri Lampageu Aceh Besar sangat antusias dan bersemangat, sehingga interaksi proses belajar mengajar dapat berlangsung seperti yang diharapkan.Kata Kunci: Kemandirian Belajar Siswa, Lesson Study

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...