Elementary Education Research
Vol 2, No 2 (2017): AGUSTUS 2017

PELAKSANAAN PENILAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB TEMA HIDUP RUKUN DENGAN TEMAN BERMAIN DI KELAS II SDN 14 BANDA ACEH

Suciati, Rina Meli (Unknown)
Nurhaidah, Nurhaidah. (Unknown)
Vitoria, Linda (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Penelitian ini berjudul pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun dengan teman bermain di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Banda Aceh. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun dengan teman bermain di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada subtema hidup rukun dengan teman bermain di kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Banda Aceh. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas II pada tahun ajaran 2016-2017 yaitu 1 orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari penelitian ini adalah berupa lembaran pengamatan yang peneliti amati mengenai pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa oleh guru selama berlangsungnya proses belajar mengajar. Kegiatan observasi ini dilakukan selama 6 hari pada 6 pembelajaran berdasarkan subtema Hidup Rukun dengan Teman Bermain.Simpulan penelitian ini adalah penilaian menuntut guru agar secara langsung maupun tidak, mampu melaksanakan penilaian dalam keseluruhan proses pembelajaran guna untuk menilai sejauh mana siswa telah menguasai beragam kompetensi. Pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa pada tema Hidup Rukun dengan subtema Hidup Rukun dengan Teman Bermain pada kelas II Sekolah Dasar Negeri 14 Banda Aceh pelaksanaan penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan sudah terlaksana dengan Kurikulum 2013.Kata kunci: pelaksanaan penilaian hasil belajar siswa, subtema hidup rukun dengan teman bermain

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...