Elementary Education Research
Vol 2, No 2 (2017): AGUSTUS 2017

PENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESARPENGARUH KECERDASAN LOGIKA MATEMATIKA TERHADAP KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI 1 PAGAR AIR KABUPATEN ACEH BESAR

triwinarni, dina (Unknown)
fauzi, fauzi. (Unknown)
monawati, monawati. (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2017

Abstract

Kedisiplinan belajar seorang siswa salah satunya dipengaruhi oleh faktor kecerdasan. Manusia dianugerahi berbagai macam kecerdasan oleh Allah SWT. Menurut Gardner kecerdasan manusia ada 8 kategori, salah satunya kecerdasan logika matematika. Penelitian ini berupaya untuk melihat adakah pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Hipotesis penelitian ini ada pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 45 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana.Berdasarkan hasil analisis data, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar yang ditunjukkan oleh Fhitung Ftabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 5,98 4,10 dan persamaan regresi = 76,02 + 0,99X yang dapat memprediksi naik turunnya nilai kedisiplinan belajar siswa. Besarnya pengaruh kecerdasan logika matematika terhadap kedisiplinan belajar siswa dapat dilihat dari nilai rxy = 0,370, rhitung lebih besar dari rtabel pada taraf signifikansi 5% yaitu 0,370 0,320, artinya kecerdasan logika matematika memberikan kontribusi sebesar 13,69%.Kata kunci: Kecerdasan Logika Matematika, Kedisiplinanbelajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementary Education Research (EER) is a journal of research results and literature review in the field of learning. a scientific journal published by Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. Has been published in 2016. JIM-EER contains scientific articles resulting from research and ...