Barik
Vol. 5 No. 1 (2023)

PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DJOERAGAN KUE LEKKER SURABAYA

Wijaya, Kenny Rachmansyah Ardi (Unknown)
Islam, Muh Ariffudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2023

Abstract

Djoeragan Kue Lekker adalah salah satu UMKM Surabaya yang menjual produk makanan berupa kue lekker. Djoeragan Kue Lekker ingin mengembangkan citra usahanya terhadap konsumen dan menjadikan pembeda dari kompetitor. Penelitian ini bertujuan untuk merancang identitas visual yang diharapkan melalui identitas visual ini dapat diaplikasian terhadap berbagai media cetak maupun digital untuk meningkatkan kesadaran merek terhadap masyarakat kepada usaha Djoeragan Kue Lekker serta mampu dikenal oleh masyarakat lebih luas, sehingga dapat bersaing dengan berbagai UMKM sejenis di Kota Surabaya. Perancangan menggunakan Metode pengumpulan data melalui metode kualitatif sebagai pengumpulan data. Metode analisis data dengan analisis STP dan SWOT. Metode perancangan memakai metode analisis data serta alur perancangan menggunakan metode design thinking oleh Hasso-Platter Institute of Design at Standford dengan tahapan emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasil dari penelitian berupa logo Djoeragan Kue Lekker dengan penerapan media cetak berupa graphic standart manual, apron, label kemasan, kartu nama, stiker, dan visual desain gerobak. Sedangkan media digital berupa google business yang bertujuan untuk jangka lanjut dari penelitian serta mengenalkan usaha Djoeragan Kue Lekker lebih luas lagi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JDKV

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Social Sciences

Description

About the Journal Jurnal Barik is a scientific journal focused on Visual Communication Design. Managed by an experienced editorial team, this journal accepts articles related to various aspects of design, ranging from theory, practice, to the latest technologies in the field of visual design. ...