Mahasiswa dalam kesehariannya tidak lepas dari teknologi, terutama media digital dan internet. Banyak yang menggantungkan diri, sehingga tanpa disadari orang-orang tidak banyak melakukan aktivitas fisik dalam kesehariannya karena segala yang dibutuhkan didapatkan hanya dengan satu klik. Hal ini mengakibatkan banyak berdiam diri tanpa banyak melakukan gerak tubuh atau aktivitas fisik dan berleha-leha. Gaya hidup seperti ini disebut sebagai sedentary lifestyle. Saat ini terdapat fenomena yang relevan dengan sedentary lifestyle, yaitu remaja jompo, yang banyak terjadi di kalangan anak muda. Fenomena Remaja Jompo pun dialami oleh mahasiswa DKV UNESA. Kurangnya kesadaran dan aktivitas fisik untuk menjalani hidup sehat membuat banyak dari mahasiswa DKV UNESA mengalami berbagai keluhan fisik. Berdasarkan hal tersebut dibuatlah perancangan ini yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa DKV UNESA akan pentingnya kesehatan fisik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode perancangan design thinking yang meliputi empathize, define, ideate, prototype, dan testing. Analisis data menggunakan metode analisis data STP (Segmentation, Targeting, and Positioning) dan 5W+1H. Perancangan ini menghasilkan web comic dengan judul Mahasiswa (Bebas) Jompo yang menceritakan keseharian seorang mahasiswa jompo yang berisikan candaan sindiran untuk mahasiswa jompo agar lebih peduli dengan kesehatan fisiknya. Keywords: Web Comic, Mahasiswa Jompo, Kesehatan Fisik, mahasiswa Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Surabaya
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023