Jurnal Indonesia Mengabdi
Vol. 5 No. 2 (2023): December Edition

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Kemampuan Speaking Siswa di SMPN 4 Majene

Hustiana, Hustiana (Unknown)
Asdar, Asdar (Unknown)
Ahyadi, Ahyadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2023

Abstract

Kegiatan ini merupakan pendampingan belajar yang terdiri dari pemberian materi dan praktik langsung untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris di SMP 4 Kab. Majene, khususnya skill berbicara. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa ketika berbicara di depan umum. Metode pelaksanaan terdiri dari tiga tahapan, yaitu tahap warming up, tahap pemaparan, dan penutup. Subyek dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi gabungan kelas VII, VIII, dan IX di SMP 4 Kab. Majene. Pengabdian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan siswa yang ingin berlatih bahasa inggris namun belum tersedianya wadah di sekolah, oleh karena itu tim pengabdian meluangkan waktu untuk memberikan pendampingan kepada mereka. Hasil dari program pengabdian ini menunjukkan bahwa meningkatnya kepercayaan diri siswa-siswi untuk berbicara di depan kelas menggunakan bahasa inggris yang sebelumnya mereka merasa kurang percaya diri dan kurang kosa kata. Selain itu, pengabdian ini juga bermanfaat bagi mahasiswa yang terlibat yakni mereka bisa mempraktikkan bagaimana menghadapi peserta didik sebagai calon guru. Kata kunci: Pendampingan, Bahasa Inggris, Speaking skill

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIMi

Publisher

Subject

Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Materials Science & Nanotechnology Social Sciences Other

Description

Jurnal ini merupakan jurnal pengabdian kepada masyarakat, yaitu sebagai wadah publikasi ilmiah khusus pengabdian kepada masyarat. Diharapkan dengan adanya jurnal ini akan dapat membantu kepada pembaca untuk memberikan wawasan, gagasan, ide, rujukan, dalam pengembangan pemberdayaan ...