Jurnal Pendidikan Bahasa Arab L-Dhad
Vol. 3 No. 01 (2024): Jurnal L-Dhad

PENERAPAN METODE TIKRAR DALAM MENGHAFAL AL-QUR’AN DI RUMAH QUR’AN FADHILAH RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Al Fathan, Kukuh Maulana (Unknown)
Aulia, Maya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Metode Tikrar merupakan salah satu teknik menghafal Al-Qur'an yang banyak digunakan di berbagai lembaga pendidikan Al-Qur'an di Indonesia. Teknik ini dilakukan dengan mengulang-ulang ayat yang masih harus dipelajari maupun yang sudah dipelajari agar daya ingat semakin mantap dan sulit dilupakan. Oleh karena itu, dalam jurnal ini dibahas tentang pemanfaatan teknik Tikrar untuk menghafal Al-Qur'an di Rumah Al-Qur'an Fadhilah Rajabasa Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan-tahapan pembelajaran teknik Tikrar dan pemanfaatannya dalam lembaga tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik lapangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi dokumentasi, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah Guru Pembimbing Tahfizh, santri, dan pimpinan yayasan. Teknik Tikrar merupakan salah satu cara menghafal Al-Qur'an yang sangat berhasil menurut hasil penelitian peneliti. Pendekatan ini memungkinkan tercapainya tujuan menghafal dengan hafalan yang berkualitas. Pendekatan ini sangat berbeda karena mencakup pengulangan bagian-bagian untuk membantu Anda mengingatnya tanpa harus mengucapkannya.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

l-dhad

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Tujuan dan Ruang Lingkup (Aim and Scope) Jurnal L–DHAD Tujuan: Jurnal L–DHAD bertujuan untuk menjadi wadah ilmiah dalam pengembangan dan penyebaran pengetahuan di bidang pendidikan Bahasa Arab. Jurnal ini ditujukan bagi para akademisi, peneliti, praktisi, dan mahasiswa yang memiliki perhatian ...