Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Vol 2 No 1 (2021): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

FAKTOR-FAKTOR KESULITAN PESERTA DIDIK MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Apriatama, Dony (Unknown)
Cynthia Sitompul, May (Unknown)
Aldhora, Novia (Unknown)
Soraya, Mery (Unknown)
Cantika, Cantika (Unknown)
Maria Theressa, Filery (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2022

Abstract

Kesulitan belajar merupakan gangguan yang dimiliki anak terkait dengan faktor internal dan eksternal pada anak yang menyebabkan kesulitan otak dalam mengikuti proses pembelajaran secara normal dalam hal menerima, memproses, dan menganalisis informasi yang didapat selama pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan peserta didik memahami materi pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian kepustakaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian pada penelitian ini yaitu  faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar meliputi gangguan atau kekurangmampuan psiko fisik anak didik, yang bersifat kognitif (ranah cipta), antara lain seperti rendahnya kapasitas intelektual anak didik, bersifat afektif (ranah rasa), antara lain seperti labilnya emosi dan sifat, dan bersifat psikomotor (ranah karsa), seperti terganggunya alat-alat indra pengelihatan dan pendengaran (mata dan telinga). Kesimpulannya kemampuan anak yang masih kurang dalam mengaplikasikan teknologi sebagai media daring (handphone ataupun komputer). Selanjutnya dalam pemberian tugas, peserta didik cenderung marah ketika diberikan tugas karena menganggap tugas adalah merupakan beban untuk mereka. Selain itu terganggunya alat-alat indra pengelihatan dan pendengaran (mata dan telinga) seperti misalnya dalam pembelajaran online melalui daring menggunakan videoconference, peserta didik mengalami kelelahan mata jika harus berlama-lama memandang layar handphone ataupun komputernya. Kesulitan mendengarkan suara guru ketika pembelajaran daring cenderung terjadi ketika media microphone dan speaker guru dan murid kurang memadai.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tambuleng

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Tambuleng merupakan pusaran yang ada paka kepala manusia, setiap manusia memiliki pusar dikepala, tambuleng merupakan suatu filosofis pada diri manusia bahwa pusat merupakan simbol dari kehidupan manusia, dalam berpikir dan bertingkah laku, kehadiran tambuleng merupakan suatu bagian dimensi ...