Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik
Vol 5 No 2 (2024): Tambuleng: Jurnal Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik

Penerapan Metode Drill Dalam Pelatihan Keyboard Pada Ekstrakurikuler Anak Penyandang Tunanetra Di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palangka Raya

Billy Dama, Mickael (Unknown)
Permana, Kefas Satriya (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode drill pada kegiatan ekstrakurikuler seni musik di Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Palangka Raya dan untuk mendeskripsikan pengaruh metode drill yang akan diterapkan pada pelatihan keyboard dalam kegiatan ekstrakurikuler seni musik di SLBN 1 Palangka Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, serta dengan data primer dan sekunder sebagai sumber data. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa dalam proses penerapan metode drill pada esktrakurikuler pelatihan keyboard di SLBN 1 Palangka Raya pada anak penyandang tunanetra yaitu mereka dapat melakukan latihan fingering dan hearing dengan benar. Kemudian penerapan latihan keyboard menggunakan metode drill memiliki pengaruh atau dampak yang bagus terhadap motorik halus anak penyandang tunanetra dan juga dapat mengembangkan aspek kognitif anak penyandang tunanetra.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tambuleng

Publisher

Subject

Arts Humanities Education

Description

Tambuleng merupakan pusaran yang ada paka kepala manusia, setiap manusia memiliki pusar dikepala, tambuleng merupakan suatu filosofis pada diri manusia bahwa pusat merupakan simbol dari kehidupan manusia, dalam berpikir dan bertingkah laku, kehadiran tambuleng merupakan suatu bagian dimensi ...