Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perkembangan karakter siswa melalui pembelajaran Seni Budaya pada siswa kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan Tahun Ajaran 2024/2025. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, sehingga memaparkan secara lengkap masalah yang diteliti sesuai dengan data lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah observasi, wawancara, studi dokumen, dan perekaman. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perkembangan karakter siswa melalui pembelajaran seni budaya siswa kelas XI SMAN 1 Dusun Hilir Kabupaten Barito Selatan dirasa belum optimal. Jika ditinjau dari beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan karakter siswa terdapat dua faktor pendukung, faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi faktor jasmaniah, sedangkan faktor eksternal meliputi kepala sekolah, guru seni budaya,keluarga, lingkungan sosial dan teman sebaya, media dan teknologi, budaya dan masyarakat.
Copyrights © 2024