DIDAKTIKA
Vol. 1 No. 2 (2023): October 2023

Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik

Ramadhanti, Pratiwi Kiki (Unknown)
Handayani, Dewi (Unknown)
Darti, Puspa (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2023

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi sistem koloid dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan 29 peserta didik kelas XI IPA 4 SMA Negeri 1 Kota Bengkulu tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, yang tiap siklusnya dilaksanakan selama dua pertemuan pembelajaran dan terdiri dari tahap persiapan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif berupa persentase untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II dari 60,17% menjadi 73,27%; dan (2) implementasi PBL dapat meningkatkan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sebesar 65,51% menajdi 82,75% pada siklus II.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Didaktika encourages the publication of articles that emphasize improving classroom teaching practices through cyclical action approaches, teacher-researcher collaboration, and implementing instructional strategies that positively impact both the learning process and student outcomes. While ...