UNM Journal of Technology and Vocational
Volume 8, Issue 2, June (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Festofluidsim Pada Mata Kuliah Instalasi Listrik Tenaga di JPTE FT UNM

Nurul (Unknown)
Lu'mu (Unknown)
Syahrul (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk pengembangan media pembelajaran berbasis festo fluidsim, menguji kelayakan pengembangan dengan dua orang ahli materi dan media yang merupakan dosen pengampuh mata kuliah instalasi listrik tenaga, serta respon pengguna yaitu mahasiswa semester 4 yang telah memprogram mata kuliah instalasi listrik tenaga pada semester 3. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development/R&D) dengan model pengembangan 4D (Four D) yang merupakan model pengembangan perangkat pembelajaran. Model pengembangan 4D terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran). Teknik Analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil uji dari ahli materi dinyatakan sangat layak dengan persentase 92.5% dan ahli media dinyatakan sangat layak dengan persentase 91.5%, dengan demikian media pembelajaran berbasis festo fluidsim ini mampu menunjang proses pembelajaran. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa tanggapan mahasiswa sebagai pengguna media pembelajaran berbasis Festo Fluidsim di JPTE FT UNM juga sangat positif, dengan kategori kelayakan sangat baik yaitu dengan persentase 93%. Penelitian ini menyoroti pentingnya pengembangan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dan respons positif dari pengguna sebagai indikator keberhasilan implementasi media pembelajaran tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

UJTV

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

UJTV invites original articles and not simultaneously submitted to another journal or conference. The journal explores about vocational in learning and efforts to address employability within the curriculum, together with coverage of innovative themes and initiatives within vocational education and ...