Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2024): Jurnal Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (Maret 2024)

Pendampingan Belajar Calistung Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Literasi pada Anak-Anak di Desa Dusun Mudo

Farhan, Muhammad (Unknown)
Handayani, Lusi (Unknown)
Adila, Nurul (Unknown)
Putra, Rio Purnama (Unknown)
Kurniawan, Dimas Candra (Unknown)
Hakiki, Dico Albazar (Unknown)
Pradana, Arya (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2024

Abstract

Kegiatan pendampingan belajar untuk meningkatkan keterampilan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) merupakan bentuk pengabdian kepada masyarakat yang ditujukan bagi anak-anak di Posko 6, Desa Dusun Mudo. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan calistung siswa melalui pendampingan belajar yang difasilitasi oleh mahasiswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi pendekatan edukatif melalui penyuluhan dan pelatihan yang disertai dengan demonstrasi sebagai bentuk percontohan dalam mengembangkan keterampilan tertentu. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan calistung siswa, disertai dengan meningkatnya motivasi belajar dan antusiasme peserta dalam mengikuti proses pendampingan. Temuan ini mengindikasikan bahwa pendampingan belajar memberikan kontribusi positif terhadap penguatan keterampilan dasar siswa. Oleh karena itu, program pendampingan belajar dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan calistung dan motivasi belajar siswa di Desa Dusun Mudo. Selain itu, hasil kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan program pengabdian selanjutnya yang berfokus pada pendampingan pembelajaran dan pengembangan keterampilan dasar literasi dan numerasi.

Copyrights © 2024