Bisai: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MANOKWARI

Lidyawati, Lidyawati (Unknown)
Mandowen, Kartika (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Manokwari dengan dua rumusan masalah, yakni (1) bagaimanakah kemampuan menulis cerpen pada siswa? (2) bagaimanakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan (1) observasi, (2) Tes tertulis, dan (3) angket untuk mengambil data. Data tersebut dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menemukan bahwa (1) tahap prasiklus didapati 13 siswa (38,24%) mencapai KKM, dan 21 siswa (61,76%) tidak mencapai KKM. Pada siklus I diketetahui 31 siswa (81,58%) mencapai KKM dan 7 siswa ( 18,42%) tidak mencapai KKM, pada siklus II dari 38 siswa diketahui 37 siswa (97,36%) mencapai KKM dan 1 siswa (2,64%) tidak mencapai KKM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek (Cerpen).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bisai

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. Bisai: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. ...