cover
Contact Name
Akhiruddin
Contact Email
a.akhiruddin@unipa.ac.id
Phone
085255494826
Journal Mail Official
jurnal.bisai@unipa.ac.id
Editorial Address
Jalan Gunung Salju Amban, Manokwari, Papua Barat 98314
Location
Kab. manokwari,
Papua barat
INDONESIA
Bisai: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajarannya
Published by Universitas Papua
ISSN : 28286618     EISSN : 2828643X     DOI : https://doi.org/10.30862/bisai.v1i1.26
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran publishes manuscripts on research in language teaching, literature, and linguistics. Bisai: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran features research novelties and significance for scientific advancement in one of the fields of the published manuscripts. This journal welcomes submissions from around the world as well as from Indonesia. Manuscripts published including. Linguistics: phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other literary studies. Indonesian Language and Literature:curriculum development, learning methods, learning materials, learning media, assessment, Indonesian language learning across curricula, information and communications technology in Indonesian language learning, language skills, and other Indonesian language learning analyses
Articles 44 Documents
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FILM STRIP TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DALAM MENULIS CERPEN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 MAKASSAR Yunidia, Yunidia; Sultan, Sultan; Sakaria, Sakaria
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i1.26

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran film strip terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam menulis cerpen siswa. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan desain praeksperimental dengan tipe satu grup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 3 Makassar, untuk sampel dalam penelitian ini menggunakan kelas IX.2 yang berjumlah 35 orang siswa. Data hasil penelitian yang diberikan melalui pretest dan posttest menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest sebesar 56,8 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,0. Kemudian teknik analisis data yaitu dengan analisis deskriptif dan inferensial menggunakan program IBM SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh perbandingan nilai t hitung dan t tabel adalah 29,499 > 1,691. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan media film strip berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif dalam menulis cerpen siswa kelas IX SMP Negeri 3 Makassar. Kata kunci: Film strip, berpikir kreatif, menulis cerpen.
ANALISIS PENGGUNAAN KLAUSA DALAM RUBRIK OPINI PADA SURAT KABAR HARIAN TRIBUN TIMUR MAKASSAR Amalia, Rezki; Akmal Hamsa; Saleh, Muhammad
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i1.27

Abstract

Abstrak: Hasil penelitian ini menunjukkan, Pertama jenis klausa yang digunakan dalam rubrik opini pada surat kabar Harian Tribun Timur Makassar, yaitu: berdasarkan struktur internalnya yang meliputi: klausa lengkap; susun biasa, susun balik, dan klausa tak lengkap; berdasarkan ada tidaknya unsur negasi pada predikat yang meliputi: klausa positif dan klausa negatif; berdasarkan kategori pengisi fungsi predikat yang meliputi: klausa nominal, klausa verbal (klausa verbal adjektiva, klausa verbal intransitif, klausa verbal aktif, dan klausa verbal pasif), klausa bilangan, dan klausa depan. Kedua bentuk kesalahan klausa yang ditemukan dalam rubrik opini pada surat kabar Harian Tribun Timur Makassar yaitu penambahan preposisi di antara kata kerja dan objeknya pada klausa aktif, penambahan kata kerja bantu “adalah” dalam klausa ekuasional, pemisahan pelaku dan kata kerja dalam klausa pasif, penghilangan kata “oleh” dalam klausa pasif, penghilangan kata kerja dalam klausa intransitif, dan klausa rancu. Kata kunci: klausa, jenis-jenis klausa, kesalahan klausa, rubrik opini
KRISIS KESANTUNAN BERBAHASA DALAM KOLOM KOMENTAR MEDIA SOSIAL TIKTOK Nurul, Dwi Putri; Mayong, Mayong
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i1.28

Abstract

Abstrak:  Penelitian ini terdapat data ancaman muka atau pelanggaran kesantunan berbahasa yang ditemukan berjumlah 80 data dari 7 akun yang berbeda. Tuturan dari mengancam muka negatif terdapat empat bentuk tuturan yang dapat mengancam muka penutur atau mitra tuturnya yaitu (a) bentuk tuturan perintah terdapat, (b) bentuk tuturan memohon, (c) bentuk tuturan menyarankan, (d) bentuk tuturan menakut-nakuti atau melarang. Sedangkan ancaman muka positif terdapat bentuk tuturan (a)bentuk tuturan penghinaan, (b) bentuk tuuturan menolak, (c) bentuk tuturan mempermalukan. Adapun realisasi strategi kesantunan off record. Kata kunci: krisis kesantunan, mengancam muka, media sosial.
NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM DONGENG BURUNG KASUARI DAN CENDERAWASIH Malawat, Insum
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i1.29

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam dongeng Burung Kasuari dan Cenderawasih dari Papua. Data penelitian bersifat sekunder karena dipilih secara purposive dari sumber tertulis. Konsep nilai pendidikan karakter yang digunakan adalah 18 butir nilai pendidikan karakter oleh Kemendiknas. Kajian ini dilakukan dengan dasar bahwa pendidikan karakter harus secara kontinu ditanamkan sejak dini dalam jiwa anak. Dongeng nusantara dapat dijadikan salah satu media edukasi pembentukan karakter anak di sekolah mengingat dongeng merupakan cerminan jatidiri dan karakter bangsa Indonesia. Karakter yang ditunjukan para tokoh dalam dongeng BK dan BC dapat dijadikan contoh bagi anak untuk mengembangkan karakter komunikatif, cinta damai, kerja keras, kreatif, tanggung jawab, disiplin, dan jujur. Kata kunci: pendidikan karakter, dongeng
PENGETAHUAN TANAMAN BERKHAZIAT OBAT BAHASA TORAJA PADA MASYARAKAT SA’DAN DI MONOKWARI: KAJIAN EKOLINGUISTIK DAN PEMODELAN RPP TEKS PROSEDUR DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA Madulu, Eben; Tulalessy, Quin D
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 1 (2022): Volume 1 Nomor 1
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i1.32

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat obat bahasa Toraja pada masyarakat Sa’dan di Manokwari yang berdomisili di kelurahan Amban, kelurahan Manokwari Barat, dan kelurahan Wosi: kajian ekolinguistik. Metode yang digunakan pada penelitian ini, menggunakan metode kualitatif dan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teori ekolinguistik sebagai acuan dalam penelitian untuk mengetahui tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat obat bahasa Toraja pada masyrakat Sa’dan di Manokwari yang berdomisili di kelurahan Amban, kelurahan Manokwari Barat, dan kelurahan Wosi. Hasil penelitian tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat obat bahasa Toraja di Monokwari yang berdomisili di kelurahan Amban Monokwari Barat menghasilkan dua kategori yakni rendah dan sangat rendah. Faktor yang menjadi penyebab tingkat pengetahuan tanaman berkhaziat karena tidak adanya interaksi dengan alam dan kurangnya interaksi sosial antar sesama. Objek penelitian ini telah dimasukkan kedalam pemodelan RPP Teks Prosedur dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Kata Kunci: Pengetahuan, Bahasa Toraja, Masyarakat Sa’dan, Ekolinguistik, Teks Prosedur
ANALISIS PENDIDIKAN KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SUKU MEYAH DI DISTRIK SIDEI KABUPATEN MANOKWARI DENGAN PENDEKATAN PRAGMATIK Anari, Daniel; Malawat, Insum; Lampoliu, Evelin
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i2.77

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi tokoh, karakter, dan amanat yang terdapat pada cerita rakyat Suku Meyah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan objek penelitian karya sastra cerita Rakyat Suku Meyah Karya Yance Mandacan, Mesak Moktis, Mesak Tibiyai, terjemahan Dinas Parawisata Provinsi Papua Barat Seri 01. Hasil penelitian ini menunjukkan analisis tokoh, karakter, dan amanat yang terdapat dalam Cerita Rakyat Suku Meyah, pembagian tokoh Cerita Rakyat Suku Meyah, tokoh utama dan tambahan. Karakter tokoh dalam Cerita Rakyat Suku Meyah, cinta damai, kesabaran, rasa ingin tahu, pendirian, peduli sosial, mandiri, tanggung jawab, baik hati, kerja keras, emosional. Amanat dalam Cerita Rakyat Suku Meyah, amanat tentang hubungan manusia dengan diri sendiri, manusia dengan sesama, manusia dengan alam. Dalam penelitian ini juga di ketahui bahwa Cerita Rakyat Suku Meyah layak direkomendasikan sebagai bahan ajar di sekolah, agar guru dapat memanfaatkan penguatan pendidikan karakter yang terkandung, baik sosial, budaya, dan agama.
ANALISIS NILAI BUDAYA DALAM NOVEL CINTA PUTIH DI BUMI PAPUA (CPBP) KARYA DZIKRY EL HAN (KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA) Usfinit, Elisabeth; Tulalessy, Quin D
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i2.78

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai budaya dan pesan yang terkandung dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua karya Dzikry El Han dengan kajian Sosiologi Sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data adalah novel Cinta Putih di Bumi Papua Karya Dzikry El Han. Data penelitian ini berupa data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka, simak dan catat. Hasil yang diperoleh dari penelitian adalah (1) nilai budaya dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua yang terkait hubungan manusia dengan Tuhan yaitu, taat beribadah, Pasrah kepada Tuhan, sabar menerima cobaan, dan selalu mengingat Tuhan, (2) Amanat atau pesan nilai budaya yang terkandung dalam novel Cinta Putih di Bumi Papua yaitu, nilai agama, nilai budaya, nilai moral, nilai sosial dan nilai pendidikan.
ANALISIS RENDAHNYA MINAT BACA TULIS (CALIS) ANAK USIA SEKOLAH DI DUSUN SIAI KAMANIANI KAMPUNG YEKWANDI DISTRIK MOMI WAREN KABUPATEN MANOKWARI SELATAN Pattiran, Melania Reny Octora; Warami, Hugo
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i2.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat minat baca tulis anak usia sekolah di Dusun Siai Kamaniani Kampung Yekwandi Distrik Momi Waren Kabupaten Manokwari Selatan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca tulis anak usia sekolah disana sangat kurang. Hal ini juga didukung oleh pernyataan orang tua dan juga guru yang ikut serta dalam mengisi kuesioner penelitian. hal ini juga dipengaruhi oleh faktor – faktor yang tidak mendukung aktivitas belajar mereka. Dengan demikian, perlu adanya upaya – upaya yang dilakukan untuk dapat meningkatkan minat baca tulis mereka berdasarkan instrumen penelitian / kuesioner peneliti menemukan bahwa anak usis sekolah di Dusun Siai Kamaniani lebih banyak menjawab tidak suka, begitu pula dengan orang tua dan juga guru.
ANALISIS KARAKTER DALAM CERITA RAKYAT SUKU WANDAMEN DI KABUPATEN TELUK WONDAMA (PENDEKATAN PRAGMATIK) Nimbafu, Kurinano Rudolof; Akhiruddin, Akhiruddin
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i2.80

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakter dalam cerita rakyat Suku Wandamen dengan menggunakan teknik analisis untuk mendapatkan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam cerita rakyat Wondama. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan objek penelitian yaitu karya sastra lisan. Cerita rakyat Suku Wandamen yang di ceritakan kembali K Korwam umur lima puluh satu tahun 2020 Jln Rasiei, Kampung Tandia Distrik Rasiei. Dalam penelitian ini menggunakan teori karakter dan karakter tokoh yang membahas tentang analisis cerita rakyat Suku Wandamen. Teori inilah yang digunakan untuk membedakan rumusan masalah. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terdapat enam belas nilai pendidikan karakter yaitu : nilai religius, nilai jujur, nilai kerja keras, nilai kratif, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai peduli sosial, nilai tanggung jawab, nilai mandiri, nilai cinta damai, nilai toleransi atau saling menghargai, nilai menghargai prestasi, nilai peduli lingkungan, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air. Dalam penelitian ini juga diketahui bahwa CRSW layak untuk direkomendasikan sebagai bahan ajar di sekolah agar guru dapat memanfaatkan dalam penguatan untuk membentuk karakter anak didik.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS CERPEN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MANOKWARI Lidyawati, Lidyawati; Mandowen, Kartika
BISAI: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajaran Vol. 1 No. 2 (2022): Volume 1 Nomor 2
Publisher : Universitas Papua

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30862/bisai.v1i2.81

Abstract

Penelitian ini berfokus pada Kemampuan Menulis Cerpen Menggunakan Model Pembelajaran Kontekstual Pada Kelas XI SMA Negeri 1 Manokwari dengan dua rumusan masalah, yakni (1) bagaimanakah kemampuan menulis cerpen pada siswa? (2) bagaimanakah model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerpen? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menggunakan (1) observasi, (2) Tes tertulis, dan (3) angket untuk mengambil data. Data tersebut dianalisis menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil Penelitian menemukan bahwa (1) tahap prasiklus didapati 13 siswa (38,24%) mencapai KKM, dan 21 siswa (61,76%) tidak mencapai KKM. Pada siklus I diketetahui 31 siswa (81,58%) mencapai KKM dan 7 siswa ( 18,42%) tidak mencapai KKM, pada siklus II dari 38 siswa diketahui 37 siswa (97,36%) mencapai KKM dan 1 siswa (2,64%) tidak mencapai KKM. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis cerita pendek (Cerpen).