Issues in Mathematics Educations (IMED)
Vol. 6 No. 1 (2022): Volume 6 Nomor 1 Tahun 2022

Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Mind Mappingdengan Bantuan Media Pembelajaran Video pada Siswa Kelas XI SMA

Minggi, Ilham (Unknown)
Nasrullah, Nasrullah (Unknown)
Mansur, Harnita (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2022

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa melalui penerapan model pembelajaran mind mapping dengan bantuan media pembelajaran video. Subjek penelitian ini terdiri dari 28 orang siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam satu siklus selama enam kali pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan pemberian tes. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar yang diperoleh siswa mencapai 94%. Nilai rata-rata yang diperoleh siswa adalah 81,46 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 92,8%. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran mind mapping dengan bantuan media pembelajaran video dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

IMED

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Journal of IMED presents new ideas, developments, and innovations in mathematics education. It involves attempts to enhance teaching and learning mathematics in the classroom at all levels. It deals with educational articles from research, recent issues, and literature reviews. All paper related to ...