Matematika merupakan ilmu pengetahuan yang mempunyai kedudukan penting dalam ilmu pengetahuan dasar yang menjadi pendukung bagi kemajuan teknologi dan juga pendukung bagi ilmu lain. Meskipun matematika sangat penting dipelajari, akan tetapi kenyataannya masih banyak masalah yang muncul dalam matematika, fokus pada lemahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual atau soal cerita, dan salah satu cara mengatasi permasalahan tersebut dengan membelajarkan melalui model Problem Based Learning. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal kontekstual yang diajarkan dengan model Problem Based Learning (PBL). Rancangan penelitian dengan rancangan Quasi eksperiment. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan simple random sampling. Dari populasi seluruh siswa kelas VIII MTsN 2 Aceh Besar. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas kelas VIII/2 sebagai kelas kontrol dan kelas VIII/3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data menggunakan tes yang berisi soal kontekstual berbentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan berdasarkan uji-t, maka diperoleh dan . Karena sehingga dapat disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan menyelesaikan soal kontekstual yang diajarkan dengan model PBL lebih baik daripada siswa yang diajarkan dengan model konvensional
Copyrights © 2023