Jurnal Valtech
Vol 8 No 1 (2025): Jurnal Valtech

STRATEGI PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE 7P DAN STP DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING KEDAI KOPI DI INDUSTRI KULINER (STUDI KASUS: KEDAI KOPI.CO CABANG LOWOKWARU, KOTA MALANG)

Ismi Ratu Intan Amalia (Teknik Industri S-1, ITN Malang)
Sri Indriani (Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang)
Kiswandono Kiswandono (Teknik Industri, Institut Teknologi Nasional Malang)



Article Info

Publish Date
03 Apr 2025

Abstract

Kedai Kopi.Co mengalami penurunan pendapatan dan ulasan negatif di Google Maps, sehingga diperlukan strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan performa bisnis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan strategi pemasaran yang efektif dengan menggunakan metode marketing mix 7P (Product, Price, Promotion, Place, People, Process, Physical Evidence) serta STP (Segmenting, Targeting, Positioning). Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 30 responden, dengan analisis dilakukan menggunakan metode Linier Time Function dan Analisis Regresi Berganda, Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel produk, harga, dan tempat memiliki pengaruh signifikan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Target pasar yang dipilih adalah wanita berusia 21-30 tahun dari Malang, berpenghasilan kurang dari Rp 1.000.000 per bulan, berprofesi sebagai pelajar atau mahasiswa, berpendidikan terakhir SMA/SMK, belum menikah, dan bersuku Jawa. Temuan ini memberikan dasar bagi Kedai Kopi.Co untuk merancang strategi pemasaran yang lebih efektif dan sesuai dengan target pasar yang dituju

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

valtech

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering

Description

Jurnal Valtech menerima artikel-artikel hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dalam bidang Teknik dan Manajemen Industri, yang berisi gagasan, konseptual, kajian teori, aplikasi teori dan kajian buku Teknik dan Manajemen Industri. Jurnal inovatif diterbitkan oleh Program Studi Teknik Industri ...