Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran
Vol. 6 No. 1 (2024): PPKn dan Berbagai dinamikanya

Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle terhadap Karakter Peserta Didik

Diana sukmawati (prodi pendidikan pancasila dan kewarganegaraan)
Eneng Martini (Unknown)
Ernandia Pandikar (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pembelajaran Learning Cycle terhadap Karakter Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Budi Luhur Cimahi. Model Pembelajaran Learning Cycle mengakibatkan banyak faktor yang mempengaruhi pada pembelajaran terutama pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang berlandaskan positivisme dengan menggunakan populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang utama. Analisis yang digunakan Regresi Linear Sederhana dengan tujuan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian diperoleh temuan yakni: Seberapa besar pengaruh pembelajaran learning cycle terhadap karakter peserta didik pada mata pelajaran PKn di SMP Budi Luhur Cimahi. Berdasarkan Uji F diperoleh nilai F-hitung 113.321 > F-tabel 4.07 maka disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti ada pengaruh secara keseluruhan antara variabel bebas (pembelajaran learning cycle) terhadap variabel terikat (karakter peserta didik). Sedangkan nilai 0.000 < 0.05 artinya secara keseluruhan antara variabel X terhadap variabel Y adalah signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

mores

Publisher

Subject

Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Mores: Jurnal Pendidikan Hukum, Politik dan Kewarganegaran diterbitkan Prodi. PPKN, STKIP Pasundan Cimahi. Para editor menerima artikel yang menjelaskan penelitian teoritis dan eksperimental terbaru terkait dengan (1) artikel Teoritis; (2) studi empiris; (3) Makalah berorientasi praktik; (4) ...