Journal of Innovation and Learning
Vol. 2 No. 2 (2023): August

Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Passing Bola Basket

Krisnawati, Ni Luh Putu (Unknown)
Satyawan, I Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2023

Abstract

Aktivitas dalam meningkatkan hasil belajar dalam passing bola basket menjadi masalah yang penting untuk ditingkatkan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar passing bola basket melalui Implementasi Model Numbered Head Together (NHT). Pada peserta didik Kelas XI TK2 SMK Negeri 2 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah tergolong penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subyek penelitian adalah Peserta didik Kelas XI TK2 SMK Negeri 2 Singaraja yang berjumlah 35 orang terdiri dari 35 orang putri. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Hasil analisis data aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket pada siklus I secara klasikal sebesar 7,64 dan pada siklus II sebesar 8,8. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,16. Sedangkan hasil belajar teknik dasar passing bola basket secara klasikal pada siklus I sebesar 62,8% dan pada siklus II sebesar 100%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 37,2%. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada peserta didik kelas XI TK2 SMK Negeri 2 Singaraja. Oleh karen itu, disarankan kepada guru PJOK agar mengimplementasikan model NHT dalam pembelajaran teknik dasar passing bola basket.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...