Journal of Innovation and Learning
Vol. 1 No. 1 (2022): February

Steam-Based Interactive Teaching Media in IPS Lessons for V SD Students

Ni Putu Ashya Paramitha Sari (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Gusti Agung Ayu Wulandari (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
Gusti Ngurah Sastra Agustika (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran IPS karena media ajar yang tersedia sangat terbatas. Didalam pembelajaran jarak jauh seperti ini sangat diperlukannya media ajar yang interaktif dan dapat meningkatkan pembelajaran yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM pada pelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang ahli isi mata pelajaran, 1 orang ahli desain dan media pembelajaran dan siswa kelas V yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes yaitu tes objektif dan non tes yaitu angket kuisioner. Hasil penelitian didapatkan dari hasil uji ahli isi mata pelajaran yaitu 89.58%, uji desain pembelajaran 96.42%, uji ahli media pembelajaran 93.75%. uji perorangan 92.5%, uji kelompok kecil 91.66%, dan uji lapangan 86.1%. Dari hasil penelitian, media ajar berbasis STEAM baik digunakan dalam pembelajaran IPS siswa kelas V SD. Penelitian ini menghasilkan media ajar interaktif berbasis STEAM untuk dapat meningkatkan pembelajaran yang baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIL

Publisher

Subject

Education Other

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching, especially ...