Sukma: Jurnal Pendidikan
Vol. 1 No. 1 (2017)

Think Future, Act Present: Looking Beyond the Closed Door

Evy I. Siregar (Sekolah Sukma Bangsa Aceh)
Nadiya A. Hayati (Sekolah Sukma Bangsa Aceh)
Nurul Fadila (Sekolah Sukma Bangsa Aceh)
Agung Pratama (Sekolah Sukma Bangsa Aceh)
Yusuf H. Yudha (Sekolah Sukma Bangsa Aceh)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2017

Abstract

Tulisan ini mencoba menggambarkan bagaimana persepsi kondisi pendidikan kita saat ini, dan usulan untuk mengatasinya berdasarkan pengalaman. Diawali dengan gambaran kondisi pendidikan yand dideskripsikan melalui alat ukur pendidikan yang digunakan sebagian besar negara-negara di dunia, ditawarkan cara yang telah dicoba diterapkan melalui beberapa mata ajaran terutama di bidang sains dan bahasa. Cara ini dilakukan dengan usaha menyelaraskan kurikulum, proses belajar-mengajar serta alat ukur yang digunakan. Menyelaraskan ke tiga hal tersebut merupakan upaya untuk menutup kesenjangan hasil belajar yang digambarkan melalui alat-alat tes seperti TIMMS, PISA dan PIRLS.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

sukma

Publisher

Subject

Education

Description

SUKMA: Jurnal Pendidikan is an academic journal bi-annually published in Indonesia. It covers issues related to education in general: teacher, student, school management, curricula, teaching methods, teaching evaluations, education best practices, learning materials, et ...