Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 2 No. 1 (2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALU PADA MATERI PRISMA

Moh. Fikri Bungel (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2014

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk memperoleh deskripsi mengenai penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada materi prisma. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dengan tahapannya yaitu: 1) konsep dasar; 2) pendefinisian masalah; 3) belajar mandiri; 4) belajar kelompok; dan 5) penilaian. Pada tahap konsep dasar, guru menyampaikan materi prasyarat. Pada tahap pendefinisian masalah, guru menampilkan soal matematika. Pada tahap belajar mandiri, siswa secara mandiri mencari solusi dari soal yang diberikan. Pada tahap belajar kelompok, siswa mengerjakan soal dengan teman kelompoknya. Pada tahap penilaian, guru bersama siswa melakukan penilaian terhadap hasil diskusi kelompok. Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Prisma. Abstract: The purpose of this research is to obtain a description about implementation Problem Based Learning model which can improve learning outcomes of student class VIII SMP Negeri 4 Palu about prism. This research type is a classroom action research which design is based of Kemmis and Mc. Taggart. This research conducted two cycles. The research result indicate that implementation Problem Based Learning model can improve student learning outcomes, which the phase are: 1) basic concept; 2) defining the problem; 3) self learning; 4) group learning; and 5) assessment. In the basic concepts phase, the teacher presenting the prerequisites material. In the defining the problem phase, the teacher displays math problems. In the self learning phase, students independently seek solutions to a given problem. In the group learning phase, the students work on the problems with the friends group. In the assessment phase, the teacher with the students conduct an assessment of the results of group discussions. Keywords: Problem Based Learning, Learning Outcomes, Prism.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...