Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 8 No. 4 (2021)

PROFIL KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 PALU DALAM MENYELESAIKAN MASALAH PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA

Malia Fitriani (Universitas Tadulako)
I Nyoman Murdiana (Universitas Tadulako)
Sutji Rochaminah (Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang profil koneksi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Palu dalam menyelesaikan masalah pada materi Teorema Pythagoras ditinjau dari kemampuan matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari satu siswa berkemampuan matematika tinggi (FT), satu siswa berkemampuan matematika sedang (FS), dan satu siswa berkemampuan matematika rendah (MR). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) dalam mengaitkan antarkonsep matematika, subjek FT dan subjek FS menentukan konsep yang terlibat, yaitu konsep luas persegi dan Teorema Pythagoras, dan menjelaskan keterkaitan antarkonsep tersebut; Subjek MR menentukan konsep yang terlibat, tetapi subjek MR tidak dapat menjelaskan keterkaitan antarkonsep tersebut; 2) dalam mengaitkan antara matematika dan disiplin ilmu lain, subjek FT menentukan konsep Teorema Pythagoras pada matematika, konsep perpindahan pada disiplin ilmu lain, dan mengaitkan konsep tersebut untuk menyelesaikan masalah; subjek FS dan subjek MR menggambar segitiga tapi tidak sampai memunculkan konsep Teorema Pythagoras; 3) dalam menghubungkan dan mengaplikasikan matematika dalam kehidupan sehari-hari, subjek FT menentukan konsep matematika yang terlibat, yaitu konsep luas trapesium dan Teorema Pythagoras, mengetahui bahwa soal berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan menyelesaikannya; subjek FS dan subjek MR menentukan konsep matematika yang terlibat, mengetahui bahwa soal berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan menyelesaikannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...