Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 10 No. 1 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII MTs DDI BOYANTONGO DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG BILANGAN PECAHAN

Awaliyah Ramadhani (Unknown)
Ibnu Hadjar (Unknown)
I Nyoman Murdiana (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk memperoleh deskripsi jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VII MTs DDI Boyantongo dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. (2) untuk memperoleh faktor-faktor yang menyebabkan siswa kelas VII MTs DDI Boyantongo dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dilihat dari objek matematikanya yaitu kesalahan konsep, kesalahan fakta, kesalahan prinsip dan kesalahan prosedural. Kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan dalam memahami konsep operasi hitung bilangan pecahan baik itu penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian. (2) kesalahan dalam memahami bentuk pecahan. Kesalahan fakta yang dilakukan siswa yaitu kesalahan mengubah tanda operasi pengurangan menjadi perkalian. Kesalahan prinsip yang dilakukan siswa yaitu kesalahan melakukan sifat komutatif pada pengurangan bilangan bulat. Dan kesalahan prosedural yang dilakukan siswa yaitu (1) kesalahan operasi hitung. (2) kesalahan prosedur tidak lengkap dan (3) kesalalahan mengerjakan sembarang. Faktor-faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan-kesalahan dalam menyelesaikan soal operasi hitung bilangan pecahan yaitu siswa tidak memahami konsep bilangan pecahan, siswa tidak memahami konsep operasi hitung bilangan bulat serta bilangan pecahan dan siswa tidak memahami sifat dari operasi hitung. Siswa malas untuk belajar walaupun sudah diminta belajar oleh orang tuanya, siswa cepat lupa dengan materi yang diberikan, siswa tidak tau cara menyederhanakan pecahan dan guru hanya memberikan pembelajaran dengan metode ceramah.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...