Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 10 No. 1 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA PADA SOAL CERITA VOLUME PRISMA BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI KELAS VIII SMPN 20 PALU

Nur Safitri (Unknown)
Mustamin Idris (Unknown)
Muh. Hasbi (Unknown)
Sutji Rochaminah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi jenis-jenis kesalahan dan faktor-faktor penyebab kesalahan yang dilakukan oleh siswa kelas VIII SMPN 20 Palu dalam mengerjakan soal cerita volume prisma berdasarkan teori Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil pekerjaan siswa dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) subjek NI dan RV tidak melakukan kesalahan membaca. (2) Subjek NI dan RV melakukan kesalahan memahami dikarenakan siswa memiliki kebiasaan menyelesaikan soal cerita tanpa menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan. (3) kesalahan transformasi dilakukan oleh dilakukan oleh subjek NI terjadi akibat dari kurangnya latihan dalam mengerjakan soal-soal bentuk cerita dengan variasi yang berbeda yang membuat siswa merasa kebingungan ketika mendapatkan soal cerita yang belum dikerjakan sebelumnya (4) kesalahan kemampuan proses dilakukan oleh subjek NI dan RV disebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi prasyarat baik sifat, rumus dan prosedur pengerjaan merupakan penyebab terjadinya kesalahan kemampuan proses. Adapun kesalahan terakhir adalah (5) Kesalahan penulisan jawaban akhir, kesalahan ini dilakukan oleh subjek RV kesalahan ini terjadi dikarenakan siswa melakukan kesalahan pada tahap sebelumnya sehingga siswa tidak dapat menlanjutkan jawaban pada tahap selanjutnya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...