Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 9 No. 4 (2022)

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI LINGKARAN MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DI KELAS VIII A MTsN 3 DONGGALA

Fahra Anraeni (Unknown)
Muh. Rizal (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)
Anggraini (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)
Linawati (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII A MTsN 3 Donggala pada materi lingkaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A yang berjumlah 16 orang siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu: 1) Planning, 2) Acting, 3) Observing, dan 4) Reflecting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sudut pusat dan sudut keliling serta panjang busur dan luas juring lingkaran di kelas VIII A MTsN 3 Donggala, dengan fasenya yaitu: 1) Penyajian kelas, 2) Belajar dalam kelompok, 3) Permainan, 4) Pertandingan, dan 5) Penghargaan kelompok. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes akhir tindakan siklus I menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 56,25% dan hasil tes akhir tindakan siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan belajar klasikal mencapai 81,25%. Skor total aktivitas guru pada siklus I sebesar 55 meningkat pada siklus II menjadi 62. Skor total aktivitas siswa pada siklus I sebesar 49 meningkat pada siklus II menjadi 60.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...