Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako
Vol. 9 No. 4 (2022)

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA

Ilham (Unknown)
Anggraini (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)
Muh. Hasbi (Pendidikan Matematika FKIP-Universitas Tadulako)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi mengenai kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita persamaan linear satu variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini diambil 3 dari 25 orang siswa kelas VII B MTs Alkhairaat Tondo, yang terdiri dari satu siswa berkemampuan tinggi, satu siswa berkemampuan sedang dan satu siswa berkemampuan rendah. Hasil penelitian ini adalah (1) kesalahan yang dilakukan oleh subjek AS berupa kesalahan prinsip yaitu subjek tidak dapat mengubah soal cerita menjadi model matematika. Subjek AS juga melakukan kesalahan konsep yaitu subjek tidak menggunakan definisi persamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan masalah. Subjek AS tidak melakukan kesalahan fakta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. (2) kesalahan yang dilakukan oleh subjek DT berupa kesalahan prinsip yaitu subjek keliru dalam membuat model matematika. Subjek DT melakukan kesalahan konsep yaitu subjek tidak menggunakan definisi persamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan masalah. Selain itu, subjek DT juga melakukan kesalahan keterampilan yaitu kesalahan dalam melakukan prosedur penyelesaian. Subjek DT tidak melakukan kesalahan fakta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan. (3) kesalahan yang dilakukan oleh subjek FR berupa kesalahan konsep yaitu subjek tidak menggunakan definisi persamaan linear satu variabel dalam menyelesaikan masalah.. Subjek FR melakukan kesalahan prinsip yaitu subjek keliru dalam membuat model matematika. Selain itu subjek FR juga melakukan kesalahan keterampilan yaitu kesalahan dalam melakukan prosedur penyelesaian. Subjek FR tidak melakukan kesalahan fakta dalam menyelesaikan masalah yang diberikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmt

Publisher

Subject

Mathematics Other

Description

Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako (JEPMT) is a mathematics education journal that has p-ISSN number 2338-378X and e-ISSN number 3089-803X. JEPMT contains writings raised from the results of research or critical studies in the field of mathematics education and / or its instructional. ...