Tujuan penelitian ini adalah bagaimana metode qiroati pembelajaran Ilmu Tajwid di SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor dalam pemahaman siswa terhadap kemampuan membaca al-Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode kuantitatif. Lokasi penelitian ini bertempat pada Sekolah Menengah Kejuruan Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Jenis data dalam yang digunakan dalam penelitian ini didasarkan pada populasi dan sample dengan objek data/penelitian siswa/i SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogor. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1) Responden, yaitu siswa kelas X dan XI sejumlah 48 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian. 2) Informan, yaitu pihak-pihak yang dapat memberikan informasi mengenai masalah yang sedang diteliti, seperti guru bidang studi al-Qur’an, kepala sekolah dan staf tata usaha. Teknik Pengumpulan Data dengan menggunakan angket, tes lisan, observasi dan dokumentasi. Dalam menganalisa data, penulis menggunakan cara deskriptif kualitatif. Kemudian dalam mengambil kesimpulan penulis menggunakan teknik Induktif, yaitu menarik kesimpulan dari hal-hal yang khusus ke hal-hal yang umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa Siswa SMK Sirojul Huda 3 Cijeruk Bogorcukup mampu membaca al-Qur’an dengan menggunakan tajwid hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya; 1) Kemampuan siswa dalam mengikuti pelajaran al-Qur’an dengan baik, meskipun mereka sebagian besar berlatar belakang pendidikan SMP. 2) Kemampuan serta keahlian guru cukup mendukung. 3) Sarana dan fasilitas belajar cukup menunjang. 4. Lingkungan keluarga dan masyarakat yang cukup mendukung
Copyrights © 2023