Kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka merupakan dua kurikulum yang diterapkan di Indonesia, kemudian dengan adanya sebuah implementasi kedua kurikulum tersbut memiliki dampak yang signifikan terhadap pembelajaran Pendidikan agama islam di sekolah-sekolah, termasuk di SD Negeri 4 Wat Serdang Kabupaten Mesuji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam di SD Negeri 4 Way Serdang, dengan Fokus pada Perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari kedua kurikulum tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitataif, data yang dikumpulkan melalui observasi wawancara dan juga denfan dokumentasi terkait dengan implementasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukan bahwa implemntasi kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam di SD Negeri 4 Way Serdang memiliki perbedaan dalam pendekatan pembelajaran, bahan ajar, serta penilaian kurikulum 2013 cenderung lebih terstuktur dan berorientasi pada kompetensi, sementara kurikulum Merdeka memberikan kebebasan yang lebih besar kepada guru dalam menentukan mataeri pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024