An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 4: Juli 2024

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH PENGGERAK SD NEGERI 4 WAY SERDANG KABUPATEN MESUJI

Saiful Sarifudin (Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia)
Jaenullah (Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia)
Ihsan Mustofa (Universitas Ma’arif Lampung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka merupakan dua kurikulum yang diterapkan di Indonesia, kemudian dengan adanya sebuah implementasi kedua kurikulum tersbut memiliki dampak yang signifikan terhadap pembelajaran Pendidikan agama islam di sekolah-sekolah, termasuk di SD Negeri 4 Wat Serdang Kabupaten Mesuji. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam di SD Negeri 4 Way Serdang, dengan Fokus pada Perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari kedua kurikulum tersebut. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitataif, data yang dikumpulkan melalui observasi wawancara dan juga denfan dokumentasi terkait dengan implementasi kurikulum. Hasil penelitian menunjukan bahwa implemntasi kurikulum 2013 dan kurikulum Merdeka pada mata Pelajaran Pendidikan agama islam di SD Negeri 4 Way Serdang memiliki perbedaan dalam pendekatan pembelajaran, bahan ajar, serta penilaian kurikulum 2013 cenderung lebih terstuktur dan berorientasi pada kompetensi, sementara kurikulum Merdeka memberikan kebebasan yang lebih besar kepada guru dalam menentukan mataeri pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...