An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan)
Vol. 3 No. 4: Juli 2024

PERAN DOSEN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER MAHASISWA (STUDI KASUS : UNIVERSITAS KALTARA)

Abdul Arif (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Kaltara)
Rosmiati Arif (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Kaltara)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2024

Abstract

Pendidikan Islam merupakan pendidikan yang didasarkan pada nilai-nilai Islam dan berisikan ajaran Islam. Pendidikan Islam sebagai suatu proses penyiapan generasi muda untuk mengisi peranan, memindahkan pengetahuan dan nilai-nilai Islam yang diselaraskan dengan fungsi manusia untuk beramal di dunia dan memetik hasilnya di akhirat. Dosen sebagai pendidik memiliki peranan kuat dalam mengembangkan dan meningkatkan karakter mahasiswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode Observasi dan literatur. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Kaltara. Hasil yang diperoleh adalah peran dosen Pendidikan Islam dalam membina karakter mahasiswa Universitas Kaltara diwujudkan dengan mengimplemantasikan beberapa aspek yaitu 1) keteladanan yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung sesuai ajaran Islam dan kisah para Nabi dan sahabat-Nya serta membiasakan sikap dan moral seperti akhlak, ibadah dan keimanan; b) Inspirator yang memiliki nilai kepribadian positif sesuai dengan tuntunan Al-Quran; c) Motivator yang bersifat terbuka, membantu mahasiswa dalam memanfaatkan potensi mahasiswa, interaksi baik dalam proses pembelajaran sehingga menghasilkan suasana nyaman, dan memberikan respon positif dan aktif kepada mahasiswa; d) Dinamisator bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter mahasiswa; e) Evaluator untuk melihat tingkat keberhasilan, efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran. Adapun Faktor pendukung dan penghambat pendidikan Islam dalam membina karakter mahasiswa Universitas Kaltara adalah a) faktor pendukung : perlunya dukungan dari orang tua, komitmen bersama dengan masyarakat yang ada dilingkungan kampus Universitas Kaltara, dan fasilitas kampus; b) faktor penghambat : latar belakang mahasiswa yang berbeda-beda, kurangnya kesadaran mahasiswa, dan lingkungan atau pergaulan mahasiswa

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

annajah

Publisher

Subject

Religion Humanities Social Sciences

Description

Jurnal An Najah (Jurnal Pendidikan Islam dan Sosial Keagamaan) khusus membahas masalah pendidikan Islam. Ruang lingkup jurnal meliputi penelitian, pemikiran pendidikan Islam, dan kerja lapangan tentang pendidikan Islam. Pendekatannya bersifat interdisipliner, melingkupi, dan menggabungkan perspektif ...